Tips Aman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground|Semua orang tua senang membawa anak-anaknya bermain di playground karena ingin menyenangkan anaknya. Dan tentu karena tahu jika bermain di Playground sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani setiap anak.

Kegembiraan anak tertawa bahagia. Anak pun bergerak seperti layaknya olah raga. Berlari, berenang, dan lainnya. Namun dibalik semua itu, kita harus memperhatikan keamanan dan keselamatan anak. Agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Tips Aman Bermain di Playground Untuk orang tua, jika ingin membawa anaknya bermain di playground pastikan kondisi anak fit. Tidak dalam kondisi sakit atau kurang sehat. Anak akan sulit dihentikan bermain hanya sebentar di playground. Rasa senang membuat anak melupakan rasa tidak enak dalam tubuhnya. Maka orang tua harus peka, pastikan anak dalam kondisi sehat.

Tips Aman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground|Pastikan anak dalam keadaan kenyang. Sudah makan, namun jangan setelah makan langsung bermain. Setelah makan istirahat dulu baru bermain. Berikan anak minum air putih saat jeda dalam bermain. Jangan bawa makanan ke area playground, selain akan mengotori area juga akan membahayakan. Pastikan jika anak sudah kelelahan untuk menyudahi bermain atau istirahat dulu baru nanti lanjutkan lagi.

Untuk pemilik Playground, pastikan tidak hanya sekadar memasang playground tetapi juga memeliharanya dengan baik. Pemeliharaan berkala sangat dibutuhkan untuk memastikan playground dalam kondisi baik. Sehingga tetap membuat anak-anak bermain dengan aman dan nyaman.

Tanggungjawab pemilik playground untuk memastikan itu. Maka pesanlah playground pada akhlinya yang terpercaya dan berpengalaman. Yang menyediakan layanan purna dari mulai desain, memasang hingga pemeliharaan.

Tips Aman Bermain di Playground
Tips Aman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground |Dengan begitu, playground akan menjadi nilai tambah yang luar biasa bagi usaha anda. Anak-anak adalah tanggungjawab kita semua.

Kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik. Memastikan mereka jauh dari hal-hal yang membahayakan. Bermain adalah hak anak yang harus menjadi perhatian kita. Maka menyediakan playground yang aman juga merupakan sumbangsih kita pada anak-anak. Karena anak-anak adalah masa depan bangsa kita. Penerus generasi bangsa ini. Orang tua dan masyarakat bahu membahu memastikan anak-anak kita tumbuh dengan baik.

Tips Aman Bermain di Playground

Faktor keamanan dan keselamatan. Selain informasi, di arena bermain anak harus juga dilengkapi keamanan dan keselamatan, misalnya harus ada sabuk pengaman, pagar pembatas, penataan kabel dan pengawas. Permainan yang memutar dan bergerak wajib dilengkapi sabuk pengaman untuk keselamatan dan dibatasi oleh pagar pembatas serta perlu adanya pengawas selain pendamping (orangtua/pengasuh) untuk anak-anak yang sedang bermain.

Faktor Kenyamanan. Arena bermain anak ini perlu dibuat dengan nyaman agar rekreasi menyenangkan bagi pengunjung khususnya anak-anak misalnya kebersihan dan luasnya arena bermain.

Info Tips Aman Bermain di Playground

Ketiga hal tersebut diatas yang menjadi fokus utama dalam observasi oleh YLKI. Ketiga faktor ini cukup penting dan cukup mewakili kelayakan arena bermain dengan segmen pasar anak-anak yang masih membutuhkan pengawasan orang tua.

Data dari hasil observasi ditemukan sistem pembayaran yang dilakukan pada arena bermain anak untuk dapat menggunakan sarana bermain tersebut adalah dengan menggunakan kartu, dengan koin dan pembayaran dengan sistem paket bermain. Koin dan kartu dapat ditukar/beli di lokasi arena bermain.

Terdapat 5 (lima) mal yang menggunakan kartu untuk mengoperasikan permainan, yaitu Mal Artha Gading, MOI, Citraland/Mal Ciputra, Central Park, Mal Pondok Indah. Hanya ada 1 (satu) mal yang menggunakan koin dan tiket yaitu Plaza Atrium dan 1 (satu) mal yang menggunakan kartu dan koin yaitu Pasaraya Manggarai. Satu mal menggunakan hanya tiket (biaya/permainan) yaitu Cibubur Junction dan 1 (satu) mal hanya menggunakan koin yaitu Tamini Square. Sedangkan arena bermain di Senayan City hanya berbiaya perpaket.

Hasil observasi juga menemukan di sebagian besar arena bermain anak memiliki informasi tentang pembatasan usia anak untuk bermain, misalnya “Tidak untuk anak dibawah 10 tahun” kecuali Plaza Atrium dan Pasar Raya Manggarai yang tidak diketemukan pembatasan usia anak di sarana permainannya. Sedangkan 8 (delapan) arena bermain di mal lainnya mencantumkan keterangan terhadap pembatasan usia permainan anak.

Informasi tentang tata cara penggunaan permainan, juga diketemukan disebagian besar arena bermain. Tujuh mal mencantumkan informasi cara penggunaan permainan dengan cukup jelas. Informasi tersedia dalam bentuk tulisan yang melekat dengan wahana permainan. Walaupun tidak semua permainan ada informasi penggunaan permainan, tergantung dari tingkat bahaya dari permainan tersebut. Sedangkan informasi penggunaan permainan sebagian besar disampaikan langsung oleh petugas. Namun informasi penggunaan ini tidak ada di Plaza Atrium, Cibubur Junction, dan Pasaraya Manggarai.

Kecuali di Cibubur Junction, hampir seluruh arena bermain anak obyek observasi memiliki peringatan selama penggunaan permainan. Peringatan tersebut berupa; keharusan memakai kaos kaki, larangan membawa makanan dan minuman dari luar, perlunya pendamping bagi anak dibawah 10 tahun, serta informasi larangan bermain flying fox bagi anak dibawah 10 tahun.

Observasi juga menemukan bahwa sebagian besar arena bermain anak ada informasi mengenai pendamping anak dalam permainan, kecuali di Pasar Raya Manggarai dan Tamini Square. Peringatan tersebut berupa: keharusan ada pendamping untuk anak dibawah 10 tahun, anak dibawah tinggi 90 cm harus didampingi, Anak boleh didampingi menggunakan sarana permainan dengan ketentuan berat badan keseluruhan (anak dan pendamping) maksimal 70kg.

Agar Anak Aman Main di Playground

berikut ini adalah tips aman bermain di playground baik di mall maupun taman terbuka.

  • Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan. Pastikan mom atau dad selalu mengawasi anak saat bermain.
  • Pastikan anak memilih mainan sesuai dengan umurnya. Amati bahaya yang bisa berisiko pada anak.
  • Pilih lokasi playground yang memiliki permukaan yang bersih dan empuk, misalnya memiliki alas karpet dan pasir yang lembut.
  • Pastikan anak memakai pakaian yang aman untuknya dan nyaman digunakan untuk bermain.
  • Beri pengertian anak agar tidak mencelakai teman sepermainannya, seperti mendorong atau bermain yang membahayakan temannya.
  • Sebaiknya simpan handphone mom dan lebih fokus untuk mengawasi anak.
  • Selalu katakan pada anak agar tidak menerima pemberian makanan dari orang asing.
  • Jika memang anak terlibat perkelahian, cobalah untuk bersikap tenang jangan ikut terbawa emosi.
Tips Aman Bermain Di Playground Untuk Anak

Tips Aman Bermain di Playground|Bermain adalah dunia anak. Namun anak-anak bisa saja terluka saat bermain. Pastikan balita aman bermain di playground.

Keamanan alat bermain di playground (arena bermain) hanyalah sebagian dari keseluruhan keamanan anak ketika bermain. Lalu, hal-hal apa lagi yang perlu diperhatikan agar anak bisa bermain dengan aman?

Pengawasan. Mengawasi anak berarti secara aktif mengamati setiap gerakan yang dilakukan anak-anak lain yang juga berkegiatan di playground . Apalagi di playground banyak anak-anak usia sekolah yang ikut bermain. Dan cukup berbahaya jika balita dibiarkan tanpa pengawasan, terutama dekat mainan yang dimainkan anak lebih besar dengan kecepatan tinggi.

Tips Aman Bermain di Playground Peralatan bermain sesuai usia. Balita seringkali masih belum menyadari kekuatannya sebatas mana. Sehingga seringkali anak terjatuh atau cedera ketika bermain mainan yang tidak tepat untuk usianya. Dampingi anak saat ia ingin bermain mainan ini. Peralatan bermain yang baik mencantumkan label peringatan bahwa alat permainan itu dirancang untuk anak usia tertentu. Playground yang baik memisahkan area bermain untuk anak usia prasekolah dengan area bermain anak usia sekolah.

Perawatan alat bermain. Pemeriksaan rutin terhadap peralatan bermain diperlukan untuk memastikan kondisinya aman bagi anak. Sekali seminggu, peralatan bermain perlu diperiksa untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak.

Hindari penggunaan mainan rusak. Bila Anda mendapati beberapa mainan rusak, misalnya tali ayunan hampir putus atau pegangan pada jungkat-jungkit tak ada lagi, hindari menggunakan mainan itu. Ajak balita memilih mainan lain yang kondisinya layak. Tentu Anda perlu melaporkan pada pengelola playground bahwa sebagian alat bermain di arena itu rusak.

Tips Aman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground|Karena tempat bermain umumnya berada di tempat umum, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berada di tempat tersebut dan hindari anak untuk berlama-lama di tempat itu. Ini caranya.

1. Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan. Pastikan Anda, suami atau ART selalu berada di sampingnya dan mendampinya bermain games.

2. Jaga barang bawaan si kecil dan selalu katakan kepada si kecil untuk tidak menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak ia kenal.

3. Jelaskan pada anak bahwa ia hanya akan main satu atau dua permainan, misalnya. Dengan itu anak tahu kapan harus berhenti.

4. Batasi budget untuk mengisi kartu ulang permainan agar Anda tidak kebobolan tentu saja.

5. Jika anak bermain di tempat yang tidak bebas keluar masuk, Anda terap perlu memastikan. Titip ke petugas. Beri nomor telepon ke petugas.

Tip Nyaman Bermain di Playground

Tips Aman Bermain di Playground Cuaca cerah merupakan waktu yang tepat untuk mengajak anak-anak mengunjungi playground. Tidak hanya sekadar bermain, di sana Si Kecil juga berolahraga, menambah teman, belajar mengambil risiko, mengelola emosi, serta etika bersosialisasi.

Playground biasanya sudah dibuat seaman mungkin untuk Si Kecil, misalnya perosotan dibuat lebih pendek, peralatan bermain dipilih yang berbahan dasar plastik, atau banyak dipasang karet di sekitar alat bermain, namun tetap saja ia bisa terluka.

Tips Aman Bermain di Playground|Dilansir melalui US News, data dari National Program for Playground Safety menunjukkan lebih dari 200.000 anak terpaksa dibawa ke rumah sakit setiap tahunnya akibat terluka di daycare atau playground, baik itu di dekat rumah, mall, atau sekolah. Bahkan rata-rata 15 anak meninggal setiap tahunnya di playground.

“Jika anak-anak, orangtua, guru, babysitter, dan pihak bertanggung jawab lainnya mampu mengakomodasi playground yang aman dan mengawasi setiap anak dengan baik, angka cedera yang terjadi tentu akan menurun,” ujar Kate Cronan, dokter di Alfred I. Du Pont Horspital for Children, Wilmington, AS. Karenanya, Nemours’ KidsHealth.org memberikan tips untuk orangtua supaya anak bisa bermain di playground dengan nyaman dan aman.

5 PANDUAN AMAN KETIKA ANAK BERMAIN DI PLAYGROUND UMUM

Tips Aman Bermain di Playground|Bermain adalah dunia anak anak, Tidak terbatas hanya di sekolah atau lingkungan rumah, bermain di area playground bersama dengan teman – teman baru merupakan aktivitas fun yang menjadi favorit Si Kecil (Baca juga: 5 Tempat Bermain Anak di Mall). Lalu, bagaimana agar mereka tetap nyaman dan aman saat bermain di sebuah tempat baru?

1. Pastikan Ia selalu berada dalam pengawasan. Baik dibawah pengawasan Anda maupun support system seperti nanny atau keluarga dekat, pastikan Ia selalu diawasi sekalipun dalam jarak jauh, dan fokuskan perhatian padanya.

2. Pilih jenis permainan sesuai usia & aman. Jelaskan kepada Si Kecil untuk tidak menjangkau arena permainan yang tidak sesuai usia karena akan berisiko menimbulkan kecelakaan kecil atau hal lain yang tidak diinginkan.

3. Bekali Si Kecil dengan Nasihat positif. Bahwa Ia akan bertemu dengan banyak sekali teman – teman baru dengan karakter yang beragam. Sehingga penting bagi dirinya untuk turut menerapkan konsep kedisiplinan seperti bergantian memanfaatkan area bermain, terbuka untuk bermain bersama – sama, dan menerapkan konsep problem solving jika terjadi perselisihan.

4. Si Kecil nyaman secara fisik. Sebelum bermain, agar tidak cranky dan menjaga mood tetap happy, pastikan ia memakai pakaian yang nyaman, anti gerah, dan sudah mengonsumsi makanan.

5. Say no to stranger. Baik dalam bentuk makanan atau lainnya, pastikan Si Kecil menolak pemberian atau ajakan dari orang asing saat sedang bermain.

artikel ini sudah tampil di playgroundindonesia.com dengan judul “Tips Aman Bermain di Playground

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *